5 Makanan Pelancar ASI

5 Makanan Pelancar ASI – Seorang ibu yang baru saja melahirkan, sangat diharuskan untuk memberikan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif. Bagi seorang Ibu, pasti memikirkan apa yang terbaik untuk bayinya. Mulai dari kesehatan sampai pada apa yang terbaik untuknya. Seperti ibu menyusui sangat memikirkan makanan pelancar ASI, agar produksi ASI tetap lancar, dan ibu dapat memberikan ASI-nya setiap saat.

5 Makanan Pelancar ASI

ASI eksklusif sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi dan menjadi makanan bayi paling bergizi. Selama 6 bulan pertama kehidupan bayi, pemberian ASI tidak boleh ditambah atau dicampur dengan makanan lain. Hal ini menyebabkan seorang ibu akan sangat memikirkan asupan makanannya agar produksi ASI lancar dan bisa memberikan ASI saja kepada bayinya selama 6 bulan pertama kehidupan. Beberapa makanan memiliki manfaat alami memperlancar produksi ASI. Bagi Anda yang sedang menjadi ibu menyusui perlu mengetahui dan dapat mempraktekannya agar produksi ASI tetap lancar. Makanan yang bisa menjadi pelancar ASI yaitu :

  1. Beras merah. Jenis makanan ini memiliki kandungan senyawa galaktogogus yang dipercaya berguna untuk melancarkan ASI. Selain itu, beras merah dapat memberikan perawatan setelah melahirkan dan dapat memberi relaksasi sehingga ibu bisa beristirahat dengan lebih berkualitas. Beras merah baik untuk dikonsumsi pasca melahirkan karena selain untuk menjadi makanan pelancar ASI, dapat pula meningkatkan nafsu makan dan menjaga kadar gula darah.
  2. Daun Katuk. Sudah sejak lama daun katuk dipercaya sebagai makanan pelancar ASI. Saat ini telah banyak berkembang penelitian tentang daun katuk, ternyata telah membuktikan bahwa daun katuk sangat efektif untuk meningkatkan ASI sebanyak lebih dari 50%. Selain itu, daun katuk mengandung banyak zat gizi seperti protein, lemak, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.
  3. Buah Pepaya dan Daunnya. Buah pepaya tergolong buah yang mudah didapatkan. Harganya yang murah membuat semua orang bisa mengkonsumsinya. Buah pepaya ternyata dapat menjadi makanan pelancar ASI. Kandungan dalam buah pepaya kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, kalium, dan asam folat. Selain buahnya, daun pepaya juga dipercaya dapat memperlancar ASI. Hanya saja tidak semua ibu menyukai daun pepaya karena rasanya yang pahit.
  4. Daun Bayam. Kandungan yang terdapat pada daun bayam yaitu kalium, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin B6. Daun ini menjadi salah satu dari makanan yang digunakan untuk memperlancar ASI.
  5. Kacang Hijau. Kacang hijau memiliki kandungan protein, kalium, fosfor, zat besi, magnesium, mangan, dan vitamin B1. Kacang hijau juga merupakan sumber protein nabati yang terbaik. Fungsinya dapat mengubah karbohidrat menjadi energi, untuk dapat memproduksi ASI yang lancar.

Itulah beberapa makanan pelancar ASI yang dapat diperoleh dengan mudah. Bagi Anda yang sedang berperan sebagai ibu menyusui, harus memperbanyak makan makanan yang mengandung gizi. Terutama yang dapat menambah produksi ASI. Selain untuk produksi ASI, makan makanan yang bergizi juga diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh anak dan kesehatan tubuh ibunya. Saat menyusui memang diperlukan energi yang cukup. Kondisi ibu juga tidak sedang dalam mengalami depresi atau stres, karena hal ini dapat menyebabkan menurunnya kesehatan dan menurunnya tingkat produksi ASI. Kondisi ibu yang seperti ini, bayinya pun dapat merasakan hal sedih yang sedang dialami oleh ibunya. Bagi Anda sebagai seorang ibu perlu memperhatikan asupan makanan yang bergizi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayinya.