Beragam Cara Melancarkan ASI Pasca Melahirkan

Beragam Cara Melancarkan ASI Pasca Melahirkan  РKehadiran bayi merupakan penantian bagi setiap orang tua. Demi buah hati, orang tua akan melakukan segala cara untuk memberikan semua yang terbaik. Seperti memberi ASI sebagai makanan terbaik untuk bayinya. Namun, ada beberapa orang tua atau ibu yang menghadapi masalah ASI yang tidak mau keluar. Beberapa cara melancarkan ASI pasca melahirkan dapat dilakukan ibu yang tidak bisa mengeluarkan ASI. Hal penting yang perlu diingat adalah ibu tidak boleh stres. Untuk bisa memproduksi ASI, pikiran harus tenang dan rileks. Terlalu banyak pikiran akan mempengaruhi produksi ASI. Selain ketenangan, ada beberapa hal berikut yang perlu dilakukan oleh ibu untuk melancarkan ASI.

Kegiatan Ibu untuk Melancarkan ASI

Setelah melahirkan, ASI akan otomatis dihasilkan oleh ibu. Namun karena beberapa faktor, payudara tidak bisa menghasilkan ASI. Untuk memberikan rangsangan agar bisa menghasilkan ASI, bisa melakukan hal-hal berikut.

  1. Memberi pijatan

Ibu yang ingin akan menyusui hendaknya melakukan pijatan ringan pada payudara. Pijatan dengan gerakan memutar dan secara pelan. Pijatan tersebut dapat membantu untuk cara melancarkan ASI pasca melahirkan. Pijatan dapat membuat payudara lebih banyak dan lancar dalam memproduksi ASI. Ibu juga bisa melakukan pijatan di malam hari. Waktu malam merupakan saat yang paling aktif dalam menghasilkan air susu. Seusai menyusui, ibu sebaiknya memberikan pijatan ringan supaya air susu lebih lancar dan melimpah.

  1. Bersentuhan langsung dengan bayi

Kulit bayi menjadi salah satu sarana yang paling efektif untuk membantu merangsang produksi payudara. Ibu yang banyak melakukan kontak dengan bayi akan lebih mudah menghasilkan ASI. Kulit bayi mampu merangsang kelenjar susu untuk bisa membuat air susu. Cara ini merupakan yang paling mudah untuk ibu lakukan dan cukup efektif untuk membuat ASI bisa lebih lancar juga melimpah.

  1. Menyusui dengan benar

Saat menyusui bayi, ibu harus memberikan posisi yang nyaman untuk bayi menyusu. Supaya kelenjar susu tetap memproduksi ASI dalam jumlah banyak, perhatikan posisi saat menyusui, sebaiknya pipi bayi menyentuh aerola. Cara melancarkan ASI pasca melahirkan lainnya adalah dengan menyusui secara bergantian. Payudara kanan dan kiri perlu digunakan dengan seimbang. Ibu menyusui juga bisa melancarkan ASI dengan melakukan kegiatan menyusui lebih sering, setidaknya 2 jam sekali.

Beragam Cara Melancarkan ASI Pasca Melahirkan

  1. Menjaga kesehatan ibu

Penting untuk menjaga kesehatan ibu untuk melancarkan produksi ASI. Ibu yang sedang dalam masa menyusui sebaiknya jangan sampai kekurangan air. Minum air putih yang cukup atau 8 gelas sehari. Makanan yang dikonsumsi ibu juga perlu diperhatikan. Hindari makanan pedas dan asam, tetapi perbanyak makanan yang mengandung nutrisi untuk memperlancar ASI. Cara melancarkan ASI pasca melahirkan yang ini perlu untuk ibu lakukan. Kesehatan ibu akan mempengaruhi produksi ASI dan juga si bayi.

  1. Melalui terapi

Ada satu alternatif untuk melancarkan produksi ASI melalui sebuah terapi. Caranya adalah dengan ibu yang membayangkan ASI keluar deras. Terapi ini biasanya disebut dengan hypnobreastfeeding. Melalui terapi ini, dapat menstimulasi kelenjar susu untuk bekerja dan menghasilkan ASI. Ibu membutuhkan pikiran yang tenang untuk bisa melakukan terapi yang satu ini. Untuk mengoptimalkan hasilnya, ibu bisa memanfaatkan musik untuk menciptakan ketenangan dan pikiran yang rileks.

Demikian beberapa informasi yang mungkin bisa membantu ibu yang sedang dalam masa menyusui. Cara melancarkan ASI pasca melahirkan dapat dilakukan ibu yang merasa air susu yang dihasilkan terlalu sedikit atau pun yang kering.