Cara Melancarkan ASI Kembali dengan Mudah

Cara Melancarkan ASI Kembali dengan Mudah – Kelenjar susu hanya bekerja selama masa menyusui, dan akan berhenti saat kegiatan menyusui dihentikan. Saat ibu akan kembali menyusui biasanya tidak seperti awal masa menyusui. Kelenjar yang sudah berhenti menghasilkan air susu, perlu penanganan lebih untuk kembali memproduksi ASI. Cara melancarkan ASI kembali bisa dilakukan dengan beberapa cara. Biasanya ibu yang melahirkan anak ke dua atau lebih bisa berpotensi kekeringan ASI. Padahal setiap ibu tentu ingin memberikan bayinya dengan ASI. Bagi Anda yang mengalami permasalahan dengan produksi ASI, bisa mencoba beberapa cara berikut.

Beberapa Cara Mengembalikan Produksi ASI agar Lancar

Untuk ibu yang sempat menghentikan produksi ASI, sebaiknya melakukan cara melancarkan ASI baik sebelum atau pun sesudah melahirkan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai cara memperlancar produksi ASI kembali.

Cara Melancarkan ASI Kembali dengan Mudah

  1. Mental dan psikis ibu

Sebelum melahirkan sebaiknya ibu dalam keadaan yang tenang dan siap mental untuk kembali memiliki bayi serta menyusuinya. Cara melancarkan ASI kembali dengan menenangkan mental dan psikis ibu memang cukup bekerja. Saat kondisi tenang dan rileks semua sistem dalam tubuh bisa bekerja dengan baik, termasuk kelenjar susu. Ibu yang akan melahirkan sebaiknya bisa menjauhkan diri dari stres atau depresi. Pikiran yang tenang dan rileks juga penting pada saat setelah melahirkan dan saat menyusui. Ketenangan ibu akan mempengaruhi kualitas air susu yang dihasilkan.

  1. Hidup sehat

Semua orang tentu dituntut untuk bisa menjalankan pola hidup yang sehat. Seperti ibu yang menyusui, untuk kelancaran ASI pola hidu cukup berperan penting. Ibu yang dalam masa menyusui harus bisa menjaga cairan dengan minum air putih yang cukup setiap harinya. Cara melancarkan ASI kembali yang bisa dilakukan ibu adalah dengan memperhatikan asupan makanannya. Memperbanyak makan makanan yang mengandung gizi tinggi. Seperti makan sayur dan buah yang tinggi serat dan vitamin. Ibu menyusui sebaiknya mengurangi atau menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan natrium. Buah seperti semangka dan pepaya bisa menjadi menu ibu menyusui. Untuk sayur, ibu menyusui bisa mengonsumsi sayur katuk. Jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga. Melakukan gerakan ringan untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kerja sistem dalam tubuh.

  1. Benarkan cara menyusui

Untuk ibu yang ingin ASI lancar kembali, disarankan untuk mengatur cara menyusui dengan benar. Buat posisi yang nyaman dan tepat supaya produksi ASI bisa terstimulasi sehingga menghasilkan lebih banyak. Saat bayi dalam posisi nyaman tentu akan lebih aktif untuk menyusu dan kelenjar susu bisa terangsang untuk lebih banyak memproduksi ASI. Jika bisa, ibu menyusui sebaiknya menggunakan payudara kanan dan kiri secara bergantian. Kebanyakan ibu menyusui hanya menggunakan salah satu payudaranya. Padahal dengan menggunakan keduanya, produksi ASI bisa lebih melimpah. Cara melancarkan ASI kembali yang lain adalah memberikan lebih banyak sentuhan. Ibu bisa melakukan sentuhan dengan bayi lebih sering supaya produksi ASI juga lebih banyak. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyusui lebih sering, bisa 2 jam atau 3 jam sekali. Semakin sering menyusui, kelenjar susu akan lebih sering terangsang dan membuatnya lebih banyak menghasilkan ASI. Sebelum dan sesudah menyusui, sebaiknya ibu melakukan sedikit pijatan di sekitar punting susu.

Itulah beberapa informasi mengenai cara melancarkan ASI yang bisa dilakukan ibu-ibu menyusui. Asupan dan pikiran menjadi faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan cara melancarkan ASI kembali. Untuk ibu yang produksi ASI-nya sedikit bisa mencoba cara-cara di atas.