Cara Memperbanyak ASI Sebelum Melahirkan dan Pasca Melahirkan

Cara Memperbanyak ASI Sebelum Melahirkan dan Pasca Melahirkan – Derasnya arus informasi, membuat banyak ibu mulai paham betapa ASI sangat peting bagi ibu dan sang buah hati. Kini kesadaran ibu untuk memberikan ASI hingga usia anak 2 tahun mulai meningkat. Banyak ibu yang berusaha mencari cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan dan sesudahnya. Upaya meningkatkan produksi ASI harus dilakukan dari sebelum melahirkan, sehingga pasca melahirkan produksi ASI banyak dan mencukupi kebutuhan nutrisi bayi.

Cara Memperbanyak ASI Sebelum Melahirkan dan Pasca Melahirkan

Cara Memperbanyak ASI Sebelum Melahirkan dan Pasca Melahirkan

ASI adalah sumber nutrisi utama bagi tumbuh kembang anak, terutama saat 6 bulan pertama pasca kelahirannya. Selain baik untuk tumbuh kembang anak, ibu yang memberikan ASI pada anaknya juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sungguh, luar biasa kehebatan menyusui. Karenanya, Anda harus menjaga kualitas ASI, lakukan beberapa tips berikut cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan dan pasca melahirkan

  1. Makan sayur-sayuran hijau

Sayur-sayuran kaya akan serat dan vitamin yang sangat berguna bagi ibu untuk meningkatkan produksi ASI. Sayuran hijau yang wajib dikonsumsi ibu pra dan pasca melahirkan, diantaranya bayam, daun singkong, sawi hijau, daun katuk, daun ubi jalar, brokoli, dan lainnya. Selain meningkatkan produksi ASI, sayur-sayuran hijau ini juga membuat rasa ASI menjadi enak.

  1. Perbanyak konsumsi air mineral dan susu

Sebanyak dan sesehat apapun Anda mengonsumsi makanan, jika Anda kekurangan cairan, pasti tubuh tidak akan mampu menghasilkan ASI yang cukup. Cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan yang terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mengimbangi makanan sehat dengan asupan cairan dalam tubuh. Tambah frekuensi konsumsi air mineral Anda dan tambah dengan susu pada pagi dan malam hari. Biasakan juga untuk meminum air mineral sebelum dan setelah menyusui.

  1. Menyusui dengan teratur

Saat pertama kali menyusui, mungkin adalah saat-saat yang sulit bagi Anda. Hal ini karena rasa nyeri pada puting dan payudara. Namun, justru untuk menghilangkan rasa sakitnya Anda tidak boleh menyerah untuk memberikan ASI pada sang bayi. Karena sekali saja Anda lantas menggantinya dengan susu formula atau sering menggunakan dot, bisa jadi selamanya ASI tidak memroduksi dengan baik. Sebaliknya, jika Anda menyusui secara teratur (idealnya setiap 3 jam), maka jumlah ASI akan meningkat.

  1. Kontak skin to skin

Ketika waktunya Anda menyusui buah hati Anda, buatlah diri Anda serileks mungkin, rasakan kulit lembut buah hati Anda agar menyentuh kulit Anda. Biarkan bayi menyusu sampai benar-benar selesai dan melepaskan sendiri dari payudara ibu. Jika memungkinkan, Anda sangat disarankan menyusui sang buah hati sembari tiduran, karena pada saat tiduran Anda akan merasa lebih rileks, sehingga rasa rileks ini akan meningkatkan hormon oksitosin dan produksi ASI bisa lebih banyak.

  1. Hidup sehat dan istirahat yang cukup

Ibu menyusui jangan sampai merasa kelaparan, apalagi mengonsumsi makanan yang tidak mengandung gizi tinggi. Cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan dan pasca melahirkan yang paling wajib dilakukan adalah dengan makan secara teratur dan selipkan camilan pada sela-sela waktu makan besar Anda. Usahakan agar Anda selalu berada di lingkungan yang bersih dan terhindar dari polusi.

Cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan dan pasca melahirkan tersebut jika diterapkan baik untuk Anda dan sang buah hati. Aturlah pola makan dan gaya hidup Anda agar produksi ASI meningkat dan berkualitas, demi masa depan sang buah hati dan tumbuh kembangnya yang optimal.