Konsumsi Suplemen Penambah ASI Alami agar ASI Semakin Lancar

Konsumsi Suplemen Penambah ASI Alami agar ASI Semakin Lancar – Kesadaran seorang ibu dalam memberikan asupan ASI yang untuk sang buah hati kini sudah semakin meningkat. Demi memperbanyak dan memperlancar proses produksi ASI, tidak jarang ibu meminum jamu-jamuan atau suplemen penambah ASI berupa tablet obat-obatan. Biasanya suplemen semacam ini diberikan dokter pasca bersalin guna meningkatkan produksi ASI.

Konsumsi Suplemen Penambah ASI Alami agar ASI Semakin Lancar

Konsumsi Suplemen Penambah ASI Alami agar ASI Semakin Lancar

Sebetulnya penambahan suplemen guna meningkatkan produksi ASI sah-sah saja dikonsumsi, apabila suplemen penambah ASI dikonsumsi berdasarkan resep dokter, karena sudah melewati tahap uji, konsultasi, dan takaran yang telah disesuaikan. Namun, kini banyak suplemen yang dijual bebas di apotek dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Hal ini baiknya dihindari oleh para ibu, sebab tidak jarang obat di apotek yang dijual bebas adalah obat palsu atau tidak sesuai dengan kondisi Anda.

Selain melakukan pijatan pada payudara dan treatment dari luar lainnya, agaknya perlu juga ditambah asupan dari dalam agar produksi ASI lebih meningkat. Berikut beberapa suplemen yang dapat dikonsumsi pada ibu saat hamil dan menyusui guna meningkatkan produksi ASI.

  1. Produk susu semasa kehamilan dan menyusui

Selain suplemen yang diresepkan oleh dokter, baiknya Anda menambahkan suplemen berupa susu untuk ibu menyusui. Saat ini sudah banyak beredar susu khusus ibu menyusui dari berbagai macam merk ternama yang dijual di apotek, super market, hingga mini market. Biasakan membaca aturan minum dan bahan-bahan yang terkandung sebelum membelinya. Pastikan susu yang Anda konsumsi mengandung vitamin B6, B3, kalsium tinggi, zat besi, protein, serta kalsium. Sebab, apa yang ibu makan, nutrisinya juga diserap oleh sang buah hati melalui ASI yang diminumnya. Jangan lupa konsultasikan susu yang baik dikonsumsi setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak langganan Anda

  1. Konsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang dapat dijadikan suplemen penambah ASI yang cukup dapat diandalkan. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete, kacang panjang, hingga kacang almond baik dikonsumsi setiap hari untuk ibu menyusui. Sebab, kacang-kacangan dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, kacang almond juga dipercaya memiliki kandungan kalsium tinggi dan dapat membuat rasa ASI menjadi lebih enak. Anda dapat mengonsumsinya sebagai camilan diantara jam makan besar Anda atau bisa juga dicampurkan sereal untuk sarapan pagi. Sedangkan, kacang-kacangan sayur, seperti kacang panjang dapat Anda konsumsi dengan cara ditumis dan dikonsumsi bersama nasi dari beras merah.

  1. Mengkonsumsi buah pare

Ada pepatah bilang setelah pahit pasti akan berbuah manis. Mungkin pepatah ini cocok untuk menggambarkan buah pare. Pare memang pahit dan terasa sangat pahit bagi sebagian orang, namun lupakanlah rasanya dan ingatlah selalu khasiatnya. Ada yang mengatakan juga, bahwa pare merupakan jenis sayuran, ada juga yang mengatakan pare adalah jenis buah-buahan. Apapun itu segala perdebatannya, pare ternyata kaya akan gizi dan nutrisi dibalik rasa pahit dan dapat dijadikan salah satunya dapat dijadikan sebagai suplemen penambah ASI. Anda bisa menyamarkan rasa pahitnya dengan mengolah pare menjadi jus yang dicampur dengan buah-buahan manis lain atau dalam bentuk sajian makanan seperti tumis pare, misalnya.

Itulah beberapa suplemen penambah ASI yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas ASI Anda. Konsumsi suplemen tentunya harus diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat dari sebelum hamil hingga menyusui. Hindari polusi dan asap rokok, serta perbanyak minum air mineral.