Lakukan 6 Hal Ini Agar ASI Melimpah dan Berkualitas saat Berpuasa

Lakukan 6 Hal Ini Agar ASI Melimpah dan Berkualitas saat Berpuasa – Perempuan yang sedang hamil ataupun menyusui membutuhkan energi dan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini guna pemenuhan nutrisi untuk anak dalam kandungan. Pada saat hamil segala hal yang ibu makan akan berpengaruh terhadap nutrisi anak, pun pada ibu yang menyusui agar ASI melimpah dan berkualitas. ASI berasal dari sari-sari makanan yang dimakan oleh sang ibu, karenanya perempuan yang sedang hamil dan menyusui diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan waktu makan yang lebih banyak.

Lakukan 6 Hal Ini Agar ASI Melimpah dan Berkualitas saat Berpuasa

Lakukan 6 Hal Ini Agar ASI Melimpah dan Berkualitas saat Berpuasa

Bagaimana jika ibu ingin berpuasa saat masa kehamilan? Sebenarnya perempuan yang sedang hamil dan menyusui tidak diwajibkan untuk menjalankan puasa, namun nantinya harus mengganti puasa di luar bulan Ramadhan atau membayar fidyah jika tidak mampu mengganti puasa. Namun, jika ibu tetap berniat untuk menjalankan ibadah puasa pada masa kehamilan atau menyusui tentu tidak ada masalah asalkan pola hidup benar agar ASI melimpah dan berkualitas. Sebab, beberapa penelitian mengatakan, bahwa puasa tidak akan mengurangi asupan nutrisi dan banyaknya ASI yang keluar. Hal yang menyebabkan kualitas ASI menurun adalah makanan dan minuman yang ibu konsumsi. Selain itu, produksi ASI dapat berkurang jika terjadi dehidrasi.

Berikut kami berikan tips agar ASI melimpah dan berkualitas, meskipun ibu menjalankan ibadah puasa:

  1. Perbanyak minum air mineral dan susu

Untuk menghindari dehidrasi yang menyebabkan berkurangnya ASI, ibu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Perbanyaklah minum air mineral pada saat berbuka dan sahur. Tahan diri untuk tidak minum-minuman bersoda atau berwarna. Selain air mineral, ibu baiknya juga mengonsumsi produk susu yang tinggi kalsium dan protein untuk membantu perkembangan jaringan tubuh dan fisik sang buah hati.

  1. Penuhi kebutuhan serat dan konsumsi makanan bergizi tinggi

Selama berpuasa, asam lambung mudah meningkat yang menyebabkan perasaan tidak nyaman pada perut. Hal ini dapat mempengaruhi produksi ASI. Karenanya, saat berbuka dan sahur perbanyaklah menu yang kaya akan serat dan nutrisi, diantaranya bayam, wortel, daun katuk, daun ubi jalar, ikan salmon, dan beras merah. Selain kaya akan vitamin dan antioksidan, makanan berserat tinggi akan membuat ibu kenyang lebih lama dan mengurangi resiko konstipasi.

  1. Hindari pedas dan kafein

Agar ASI melimpah dan berkualitas makanan pedas dan kafein perlu dihindari. Pada ibu menyusui, anak bisa mengalami diare jika ibu mengonsumsi makanan pedas. Sedangkan pada ibu hamil dapat beresiko konstipasi. Sementara itu, kafein dapat membuat ibu cepat dehidrasi.

  1. Makan tiga kali sehari

Selain berbuka dan sahur, tambahlah satu kali makan lagi dalam sehari selama berpuasa guna pemenuhan nutrisi dan menjaga kualitas ASI. Misalnya, setelah berbuka, ibu bisa makan satu kali lagi setelah tarawih atau sebelum tidur dengan makanan yang kaya akan nutrisi.

  1. Istirahat yang cukup

Selain menjaga makanan, kesehatan juga perlu dijaga. Istirahatlah dengan rutin melakukan tidur siang misalnya. Perbanyaklah bergerak di pagi hari dan santai di sore hari.

  1. Hindari stress

Pikiran yang rileks dapat memicu hormon oksitosin, sehingga merangsang produksi ASI. Jauhkanlah perasaan cemas, emosi, dan pikiran negatif agar ASI melimpah dan berkualitas.

Jika mengikuti tips ini dengan baik, pastinya ibu dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman, meskipun pada masa kehamilan dan menyusui. Tentu kesuksesannya juga perlu dukungan dari suami dan keluarga.